Kebiasaan-kebiasaan Ini yang Bisa Menyebabkan Infeksi Saluran Kemih!

ternyata ini yang berisiko menimbulkan penyakit infeksi saluran kemih

Infeksi Saluran Kemih merupakan penyakit yang biasanya menyerang usia dewasa bahkan anak-anak pria maupun wanita. Penyakit ini tidak bisa dianggap remeh, karena berisiko infeksi naik ke Ginjal. Lalu kira-kira apa sih penyebabnya? Yuk baca sampai selesai ya!

source by freepick - jagoan khitan - sunat cirebon

1. Kurang Minum Air

Saat tubuh kekurangan cairan, produksi urine menjadi berkurang. Hal ini dapat memicu terjadinya Infeksi Saluran Kemih, kita tahu bahwa buang air kecil merupakan hal yang paling baik untuk mencegah Infeksi Saluran Kemih.

Sehingga, kita harus minum air yang cukup setiap harinya agar buang air kecil menjadi lebih rutin.

2. Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Semakin lama urine tertahan, kandung kemih akan menjadi tempat bakteri berkembang biak.

“Bila dibiarkan, kandung kemih merupakan tempat terbaik bagi bakteri berkembang biak. Cepat atau lambat ini berisiko terjadinya Infeksi Saluran Kemih. Bahkan infeksi ini bisa naik ke Ginjal” kata dr. Rio Adhi Wicaksono.

3. Membasuh Pasca Buang Air Besar

Terutama pada perempuan, yang biasanya membasuh pasca buang air besar dari belakang ke depan vagina (maaf). Perlu diketahui bakteri E. Coli biasanya bermuara di anus. Jadi, jangan ulangi kebiasaan ini, basuhlah dari depan ke belakang.

4. Banyak Mengkonsumsi Kopi dan Alkohol

Kopi dan alkohol bersifat diuretik artinya memaksa saluran kemih untuk mengeluarkan urine lebih sering. Sehingga bisa menyebabkan iritasi pada Saluran Kemih. Sebaiknya batas, bukannya tidak boleh tetapi dibatasi jangan terlalu berlebih.

Itulah beberapa kebiasaan-kebiasaan kita secara tidak langsung berisiko Infeksi Saluran Kemih, karena sekarang sudah tahu jadi jangan sampai kebiasaan diatas menjadi keterusan ya!

Selain itu, Khitan salah satu cara mencegah Infeksi Saluran Kemih lho! Yuk lebih baik mencegah terlebih dahulu sebelum mengobati.

Jangan lupa share teman atau keluarga yang membutuhkan informasi ini, semoga bermanfaat!